Cara Install VestaCP dengan Nginx + PHP-FPM di VPS

Tampilan Dashboard Vestacp

Cara Install VestaCP dengan Nginx + PHP-FPM di VPS

VestaCP saat ini dikenal sebagai kontrol panel hosting gratis dan mudah digunakan (menurut saya). Nah, karena Anda mungkin tahu bahwa secara default Vestacp menerapkan Nginx sebagai frontend webserver saat memanfaatkan Apache sebagai backend. Ini menjadi konfigurasi yang paling umum yang memungkinkan penggunanya menikmati kecepatan Nginx-dalam memberikan konten statis sementara juga kemudahan dan fleksibilitas Apache.

Dalam panduan hari ini, saya akan menunjukkan cara menginstal Vestacp dengan Nginx dan PHP-fpm, bukan dengan Nginx, Apache dan PHP5, di server VPS (Ubuntu atau CentOS) Anda. Selain itu, ada juga sedikit hasil uji benchmark kinerja sehingga Anda dapat memperkirakan seberapa hebatnya membangun server hosting yang didukung dengan Vestacp, Nginx, dan PHP-fpm pada server RAM 512MB. Apakah Anda cukup penasaran? Siap-siap!

Berikut yang harus di siap kan sebelum menginstall VestaCP

  1. Aplikasi SSH Seperti Bitvise atau Putty, Tapi kali ini kita memakai putty, Silahkan klik disini untuk Cara Login SSH Melalui Putty
  2. Perintah Umum di linux  yang perlu anda ketahui
  3. Server atau VPS dengan RAM minimal 512MB (disarankan 1GB atau lebih).
  4. Kira-kira butuh 30 menit untuk menginstall VestaCP
  5. Secangkir Kopi atau Teh.

Bingung memilih penyedia VPS untuk menginstal VestaCP? Rekomendasi saya Ocean Digital, vultr.com, Atlantic.net atau Ramnode.

Dalam panduan ini saya menggunakan RAM VPS 512MB VPS dari Digital Ocean yang menjalankan Ubuntu 15.10 x64. Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini di CentOS dan versi Ubuntu mana pun yang didukung oleh Vestacp.

INSTALASI VESTACP

Langkah 1 – Login ke server Anda melalui Putty (atau klien SSH) sebagai root atau sebagai pengguna dengan hak istimewa root (sudo).

INSTALASI VESTACP

Langkah 2 – Sekarang buka browser web favorit Anda (misal: Firefox, Chrome, IE), lalu kunjungi vestacp.com. Gulir ke bawah halaman sedikit dan temukan bagian Advanced Install Settings. Pilih nginx + php-fpm dari menu dropdown.

pilih-nginx-phpfpm

Langkah 3 – Karena Vestacp tidak disertakan dengan File Manager (kecuali jika Anda membeli lisensinya), maka sebaiknya Anda memilih server FTP mana yang ingin Anda instal: vsftpd atau proftpd. Hal ini diperlukan agar Anda dapat dengan mudah mentransfer dan mengelola file dan folder situs Anda.

pilih-ftp-server-vestacp

Langkah 4 – Selanjutnya, jika Anda juga merencanakan server Anda untuk meng-host email Anda sehingga Anda dapat memiliki name@yourdomain.com sendiri misalnya, pilihlah server surat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menginstal. Hal-hal yang paling umum untuk menginstal adalah exim dan dovecot tetapi Anda juga dapat menginstal spamassassin dan atau clamav.

pilih-mail-software

Langkah 5 – Mengenai DNS, Anda hanya memiliki dua pilihan: baik untuk menggunakan NAMED atau sama sekali tidak menggunakan DNS. Sesuai contoh saya, saya hanya memilih untuk tidak menggunakan DNS karena saya akan menggunakan fitur DNS Namecheap default. Selain itu, mengurangi satu atau lebih komponen dapat membantu menghemat penggunaan RAM server saya.

pilih-dns-server-vestacp

Langkah 6 – Selanjutnya adalah firewall, Anda bisa memilih apakah akan menggunakan iptables dan fail2ban, iptables saja atau tanpa firewall sama sekali. Dalam kasus saya, saya memutuskan untuk menggunakan iptables dan fail2ban. Ini adalah skenario teraman.

Langkah 7 – Juga, Anda dapat memilih MySQL atau PostgreSQL sebagai mesin database Anda. Sebenarnya, Anda juga bisa memilih keduanya dan juga tidak satu pun dari mereka. Itu tergantung kebutuhan anda, tapi kalau anda berencana memasang WordPress maka anda akan membutuhkan MySQL.

firewall-and-database

Langkah 8 – Bagian repositori tambahan hanya opsional tapi jika Anda berada di CentOS, sebaiknya Anda menginstalnya. Remi repo memberi banyak kedahsyatan. Ada banyak paket tambahan disana.

Langkah 9 – Untuk Sistem File Quota, saya benar-benar menyarankan Anda untuk hanya memilih tidak terutama jika Anda akan menggunakan server Anda sendiri. Maksud saya, jika Anda tidak akan menggunakannya sebagai layanan Shared Web Hosting jadi apa gunanya Kuota Sistem. Tapi bagaimanapun pilihannya terserah Anda.

file-system-quota

Langkah 10 – Selanjutnya, ketik nama host server Anda: menggunakan FQDN yang valid sangat disarankan. Selain itu, jangan lupa ketik email dan password anda. Bukan kata sandi email Anda tapi kata sandi untuk akun admin yang digunakan untuk login ke Vestacp.

Langkah 11 – Terkahir, jangan lupa klik tombol “Generate Install Command” hijau.

Generate Install Command VestaCP

Langkah 12 – Anda kemudian akan mendapatkan beberapa baris perintah install. Cukup salin kode itu.

copy-install-command

Kodenya seperti ini di bawah ini. Tip: Anda bisa langsung mengcopy kode di bawah ini, tapi saya tetap memberi tahu anda bagaimana prosesnya (di atas) mendapatkan kode sehingga anda bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan anda:

bash vst-install.sh –nginx yes –phpfpm yes –apache no –vsftpd yes –proftpd no –exim yes –dovecot yes –spamassassin yes –clamav no –named no –iptables yes –fail2ban yes –mysql yes –postgresql no –remi yes –quota no –hostname your.hostname.com –email your@email.com –password yourpassword

** ganti your.hostname.com, your@email.com dan yourpassword dengan milik anda.

Langkah 13 – Kembali ke jendela Terminal / Putty. Sekarang jalankan perintah di bawah ini untuk mendownload file instalasi Vestacp:

curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh

download-vestacp-install-file

Jika Anda juga menggunakan VPS DigitalOcean dan menjalankan Ubuntu, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan curl saat ini tidak terpasang. Ini berarti Anda harus terlebih dahulu menginstalnya menggunakan perintah: apt-get install curl

install-curl-ubuntu

Langkah 14 – Sekarang Anda bisa mem paste perintah install yang disalin tadi (di Langkah 12) di sana kemudian tekan Enter untuk menjalankannya.

Langkah 15 – Anda kemudian akan ditanya “Apakah Anda ingin melanjutkan” jadi cukup ketik y lalu tekan Enter.

start-installing-vestacp

Langkah 16 – Duduk dan tunggu sampai proses install selesai. Pada akhir proses, Anda harus melihat seperti ini:

install-complete

Langkah 17 – Itu saja. Anda sekarang bisa masuk ke halaman Dashboard Vesta Anda melalui browser web dengan mengetikkan:

https: //x.x.x.x: 8083

ganti x.x.x.x dengan alamat IP server anda. Gunakan admin sebagai username dan gunakan password yang anda isikan tadi.

Halaman dashboard Vestacp:

Tampilan Dashboard Vestacp

Sekian dan Terima kasih, apabila bermanfaat silahkan di bookmark.

by : Agen Poker Online