Dominasi PDIP di Jawa Belum Tergoyahkan

Dominasi PDIP di Jawa Belum Tergoyahkan

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih belum tergoyahkan di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Barat. PDIP masih menjadi jawara pada pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang. Sementara di Jawa Timur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih mempertahankan tajinya dan di wilayah Banten diprediksi akan dikuasai Partai Gerindra.

Gambaran peta kekuatan partai politik (parpol) di wilayah Jawa dan Banten itu setidaknya bisa dilihat dari hasil survei Charta Politika Indonesia yang dirilis di Jakarta pada Rabu (6/6/2018) lalu. Dengan waktu sisa pelaksanaan Pemilu 2019 yang kurang dari satu tahun, diprediksi peta kekuatan parpol di wilayah Jawa dan Banten tidak akan banyak berubah.

Baca Juga : Pelaku Pelemparan Batu ke Mobil di Tol Jagorawi Diringkus

Kekuatan politik di empat wilayah tersebut menarik untuk dibedah karena Jawa merupakan barometer politik nasional karena 60% lumbung suara nasional. Menilik hasil survei itu, ada beberapa pergerakan elektabilitas parpol besar yang menarik untuk disorot. Di Banten, misalnya, jika pada Pemilu 2014 lalu, PDIP keluar sebagai juara dengan meraih 989.329 suara, pada hasil survei Charta Politika dilakukan pada 23-29 Mei 2018 dominasi PDIP terancam oleh Partai Gerindra yang meraih 20,6%, disusul Golkar meraup 15,0%, sementara PDIP melorot di urutan ketiga sebanyak 14,%.