JK Dinilai Bisa Jadi King Maker Poros Ketiga

JK Dinilai Bisa Jadi King Maker Poros Ketiga

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menduga wacana Jusuf Kalla menjadi calon presiden (capres) berdampingan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk melihat reaksi publik atau elite politik, bukan sesuatu yang serius.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin JK akan menjadi orang yang didengar pendapatnya untuk pengambilan sebuah keputusan politik atau king maker terbentuknya poros ketiga yang sedang diupayakan Demokrat.

“Boleh jadi sekarang beliau pura pura maju dulu, nanti di-injury time atau last minute punya strategi lain, atau ada taktik jitu dalam mengotak-atik peta koalisi. Sekarang dibiarkan dahulu liar, sebelum 10 Agustus closing koalisi pilpres,” ungkap Pangi, di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Baca Juga : Diduga Tersengat Listrik, Bocah Asal Irak Tewas di Kolam Renang

Sementara itu Demokrat, kata dia, akan berusaha agar bisa mengusung AHY pada pilpres. Oleh karena itu, Demokrat akan berusaha membentuk poros ketiga dengan berupaya menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Amanat Nasional (PAN). “Baik di poros Prabowo maupun poros Jokowi, kans AHY jadi cawapres sudah menipis,” katanya.

Hal demikian juga dilakukan politikus ‘kawakan’ asal Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. Dia menduga Amien tengah memainkan manuver politiknya untuk mengukur kekuatan politik di luar kubu Jokowi.

Pangi menganggap, manuver Amien dilakukan bersamaan dengan strategi kubu Prabowo Subianto yang masih membaca arah koalisi sebelum masa pendaftaran capres dan cawapres dibuka pada Agustus 2018 mendatang. “Pilkada serentak kemarin sedikit banyaknya bisa menjadi acuan atau refleksi konstelasi peta politik Pilpres 2019,” ujar Pangi.