Diduga Keracunan, Polisi Periksa Sumber Air di SDIT Pondok Duta

Diduga Keracunan, Polisi Periksa Sumber Air di SDIT Pondok Duta

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Polisi lakukan olah Tempat Peristiwa Masalah (TKP) masalah pendapat keracunan air yang dihadapi beberapa ratus siswa di Sekolah Basic Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Beberapa pelajar itu disangka keracunan air sekolah untuk berwudhu serta bersihkan tangan.

Penyidik dari Polresta Depok mengecek sumber air yang biasa dipakai siswa. Lalu mengecek toren penampungan air yang ada di lantai tiga. Penyidik ikut menghimpun info masalah jumlahnya siswa yang disangka alami keracunan.

Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus menjelaskan, ini hari penyidik hadir untuk menindaklanjuti pendapat keracunan yang dihadapi beberapa ratus siswa di sekolah itu.

“Kami menindaklanjuti info dari penduduk sebab pendapat air (yang tercemar) di sekolah ini. Kami lakukan penelusuran untuk memperoleh info masalah hal itu,” tuturnya di tempat, Kamis (18/10/2018).

Untuk kepastiannya, katanya, sampai sekarang ini belumlah bisa diambil kesimpulan. Sebab pihaknya ikut masih tetap menanti hasil uji laboratorium yang dikerjakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok. Uji laboratorium diprediksikan keluar 14 hari dari pemungutan sampel.

“Di sini kami bisa banyak data untuk jadi bahan menindaklanjuti. Hasil sesaat tidak dapat dikatakan. Tentang pendapat sebagai sumber momen ini semua masih tetap menanti Dinkes,” tuturnya.

Baca Juga : Berbagai Upaya Agar Hazard Tetap Bertahan di Chelsea

Info yang didapatkan pihak kepolisian, jumlahnya siswa yang disangka alami keracunan sekitar 156 orang. Jumlahnya itu tidak berlangsung di waktu bertepatan. “Itu rentang waktu 2-11 Oktober 2018,” kata Firdaus.

Saat momen itu, pihak sekolah juga lakukan perbaikan internal serta infrastruktur. Diantaranya dengan tingkatkan kebersihan lingkungan di seputar sekolah termasuk juga jajanan siswa. Menurut dia, musim kemarau ini mengakibatkan kualitas air jadi jelek.

“Kami menyangka, ini (siswa keracunan) dari sampel air yang berbau, memang sehari-hari ada-ada saja murid yang sakit tetapi kita tetap updet untuk yang sakit ini serta dilaporkan ke Dinas Kesehatan,” kata Ketua Umum Yayasan SDIT Pondok Duta Usman Rizal.

Diluar itu, pihaknya ikut sudah lakukan home visit pada siswa yang dilaporkan sakit. Tentang kepastian pemicu siswa sakit, pihaknya juga mengakui masih tetap menanti hasil laboratorium dari Dinkes Depok.

“Semua sample telah diambil termasuk juga Feses siswa yang terserang diare juga diambil, diluar itu air yang telah kita ubah juga diambil juga. Kami pemula untuk permasalahan kesehatan ini, hingga kita ikuti semua instruksi Dinas Kesehatan,” katanya.

Lurah Tugu Abdul Mutholib menjelaskan, SD swasta Pondok Duta ada di lokasi Kelurahan Tugu, dari pantauan pihaknya baru pertama-tama ada insiden keracunan di sekolah itu. “Ini baru pertama ya peristiwa semacam ini,” tuturnya.

Abdul menjelaskan, insiden itu semestinya jadi satu pelajaran buat pihak yayasan untuk mengatur fasilitas-fasilitas yang berada di sekolah.

“Ya ini evaluasi ikut buat pihak sekolah, terpenting tentang kebersihan supaya tidak berlangsung kembali permasalahan semacam ini,” ujarnya.