Dipertanyakan, Gelar Kehormatan Neno Warisman dari Warga Aceh

Dipertanyakan, Gelar Kehormatan Neno Warisman dari Warga Aceh

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Titel Laksamana Muda Cut Nyak Dhien yang dikasihkan pada aktivis #2019GantiPresiden, Neno Warisman dipertanyakan tokoh muda Aceh, Thamren Ananda.

Thamren memandang titel itu aksi asal-asalan serta menciderai nilai-nilai histori. “Pemberian titel pada Neno itu sudah menginjak-injak nilai historis penduduk Aceh,” tutur Thamren, Senin (1/10/2018).

Dia menguatkan beberapa alasan mengapa titel yang dikasihkan pada aktris yang team sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno itu tidak resmi.

Pertama, Thamren menyebutkan pemberian titel dalam kebiasaan kesejarahan Aceh sudah diputuskan mekanismenya lewat instansi sah. “Yang memiliki hak memberi titel juga Wali Nanggroe,” kata Thamren.

Ke-2, untuk memberi titel pada sesorang mesti lewat proses yang panjang, terpenting untuk mempelajari rekam jejak penerimanya.

“Si penerima titel mempunyai attitude, rekam jejak dan peran yang riil pada pembangunan penduduk Aceh,” katanya.

Baca Juga : Tewas Dikeroyok, Polisi Diminta Tuntaskan Kasus Suporter Persija

Thamren menanyakan motivasi dibalik pemberian titel untuk Neno. Lebih penerimanya dinilai tidak penuhi ke-2 prasyarat itu.

Thamren juga merekomendasikan panitia yang memberikan titel itu selekasnya mencabut titel untuk Neno, sekaligus juga mohon maaf pada penduduk di Bumi Serambi Mekkah itu. Karena, pemberian titel itu adalah aksi asal-asalan yang cuma dilandasi motif mengincar kekuasaan.

“Mudah-mudahan ke depan tidak lagi ada aksi asal-asalan semacam itu untuk menguber kekuasaan. Jika ingin memperoleh kekuasaan jangan sampai bertindak yang mencederai nilai-nilai historis penduduk Aceh,” pungkasnya.

Awal mulanya Neno ada di NAD untuk mengukuhkan komune #2019PrabowoSandi di Gedung Haji Yusriah Lampeneurut, Aceh Besar, Minggu 30 September 2018 .

Dalam acara itu, Neno yang didampingi Ketua DPD Gerindra Aceh TA Khalid serta bekas Panglima GAM Muzakir Manaf sebagai Dewan Penasihat Tubuh Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno terima titel kehormatan Laksamana Muda Cut Nyak Dhien dari Raja Meureuhom Daya, Saifullah.