Workshop di RSUD Tarakan Dihadiri Dokter Spesialis Anestesi

Workshop di RSUD Tarakan Dihadiri Dokter Spesialis Anestesi

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan mengadakan Workshop Fellowship of Interventional Pain Management yang dibarengi oleh Dokter Spesialis Anestesi dari beberapa lokasi di Indonesia.

Acara ini berjalan di RSUD Tarakan Lantai 13, Gedung Sky Hospital, Jalan Kyai Caringin Nomer 7, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (17/11/2018).

RSUD pendidikan dengan predikat Kelas A semenjak 30 Juni 2014 ini, diakui mengadakan pekerjaan itu karena jadi pelopor Klinik Manajemen Ngilu (Pain Clinic) dalam service kesehatan yang diurus Pemerintah Propinsi DKI Jakarta.

Direktur Penting (Dirut) RSUD Tarakan drg. Dian Ekowati, MARS menuturkan, selama ini sedikit rumah sakit atau dokter yang dengan spesial mengatasi permasalahan manajemen ngilu menjadi satu pilihan penyembuhan.

Walau sebenarnya, masalah aduan ngilu yang akut serta menahun makin banyak. Di lain sisi beberapa pasien yang menanggung derita penyakit itu malas untuk dikerjakan aksi operasi, dengan beberapa fakta.

Dari mulai aspek kemungkinan (Pasien menanggung derita DM, Hipertensi), aspek psikologis (takut dikerjakan aksi operasi), sampai aspek finansial (terbatasnya cost).

Baca Juga : Cedera Hamstring, Rakitic Terancam Absen hingga Akhir Tahun

“(Karenanya ada klinik ngilu ini), pasien tak perlu bingung kembali untuk berobat sebab sebagian besar Rumah Sakit mempunyai Pain Clinic. Dokter spesialis ngilu (Pain Physician) akan tetap siap mengatasi pasien-pasien dengan aduan ngilu dengan beberapa modalitas,” jelas Dian.

Ia memberikan, workshop mempunyai tujuan memberi evaluasi pada beberapa dokter spesialis anestesi supaya mempunyai potensi untuk mengatasi ngilu dengan tehnik intervensi untuk ruang ngilu tulang belakang.

Pekerjaan pendidikan fellowship ini juga didesain menjadi satu kompetensi penambahan buat Dokter Spesialis Anestesi, yang bekerja bersama dengan Kolegium Anestesi serta Therapy Indonesia (KATI) menjadi Institusi yang berkuasa untuk menerbitkan sertifikat kompetensi penambahan untuk Fellowship Pain Management.

“Diinginkan lewat pekerjaan ini membuahkan semakin banyak dokter-dokter Spesialis Anestesi yang mempunyai potensi untuk mengatasi pasien-pasien ngilu kronik di ruang tulang belakang memakai cara intervensi,” berharap Dian.

Tersebut beberapa nama Dokter Spesialis Anestesi di RSUD Tarakan.

1. dr. Nur Syamsiani, Sp. Anes, KIC

2. dr. Ketut Irianta, Sp. Anes

3. dr. Baihaki, Sp. Anes

4. dr. I Putu Willy Adi Satria, Sp. Anes