Anang Sesalkan Persoalan Hak Cipta Tak Disinggung di Debat Capres

Anang Sesalkan Persoalan Hak Cipta Tak Disinggung di Debat Capres

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Debat perdana Pemilihan presiden 2019 yang berjalan enam session sudah selesai diselenggarakan di Jakarta, Kamis tempo hari (17/1/2019. Banyak pihak mengemukakan masukan, diantaranya berkaitan dengan materi debat yang tidak menyentuh masalah penegakan hak cipta.

“Debat perdana capres-cawapres berpesan terpenting jika intelektual properti tidak mendapatkan perhatian dari beberapa pasangan calon. Saya betul-betul kaget,” papar Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah dalam tayangan persnya, Jumat (18/1/2019).

Anang mengkritik debat perdana capres-cawapres sebab benar-benar tidak menyentuh masalah penegakan hukum hak cipta. Walau sebenarnya, kata Anang, masalah penegakan cipta jadi inti permasalahan di bidang kreatif di Indonesia. Ditambah lagi debat perdana ini mengusung topik hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, serta terorisme.

Baca Juga : Baru Bebas Penjara, Residivis Kembali Diringkus Polisi di Kejari Depok

Seharusnya, paslon capres-cawapres memberikan perhatian serius bila ingin jadikan ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. “Tetapi saya jadi memahami, masalah penegakan hak cipta tidak jadikan materi debat, panyas saja UU Hak Cipta tidak jalan. Patut saja, pelanggaran hak cipta masih tetap ramai,” tutur Anang.

Musisi asal Jember ini pula mengkritik tidak terdapatnya prinsip beberapa pasanngan capres-cawapres di masalah penegakan hak cipta. “Saya jadi sangsi prinsip capres RI atas hari esok intelektual properti di Indonesia. Beberapa pasangan calon presiden cuma jadikan seniman serta pekerja seni cuma untuk pemanis etalase ruangan politik saja, tidak lebih,” masukan Anang.

Walau demikian, Anang masih mengharap di session debat selanjutnya rumor penegakan hak cipta bisa mendapatkan bagian oleh beberapa pasangan calon presiden. “Masih tetap ada 4x debat. Saya masih mengharap, rumor masalah hak cipta supaya disinggung oleh paslon. Ini rumor terpenting buat hari esok bidang kreatif kita,” tandas Anang.