Dengan Berat Hati, Guardiola Akui Masih Dukung VAR

Dengan Berat Hati, Guardiola Akui Masih Dukung VAR

Manchester – Video Assistant Referee (VAR) bertindak waktu Manchester City didepak Tottenham Hotspur di Liga Champinons. Walau demikian, Pep Guardiola masih tetap memberi dukungan.

City dengan menyakitkan tersisih dari Liga Champions musim ini. Kemenangan 4-3 atas Tottenham dalam leg ke-2 di Stadion Etihad, Kamis (18/4/2019) pagi hari, tidak cukuplah melepaskan The Citizen sebab masih kalah produktivitas gol tandang dalam agregat 4-4.

Dalam laga leg ke-2, City sedianya hampir menang. Waktu posisi masih tetap 4-3, Raheem Sterling cetak gol di injury time yang membuat score jadi 5-3, score yang cukup sudah melepaskan City ke semi final. Tetapi, gol itu diurungkan VAR.

Waktu itu, Sterling cetak gol selesai terima umpan Sergio Aguero di kotak penalti. Wasit Cuneyt Cakir lalu menggagalkan, karena Aguero rupanya telah dalam tempat offside sebelum mengoper bola ke Sterling. Awal mulanya, VAR pun membuat City gigit jari waktu Tottenham cetak gol ketiganya. Gol Fernando Llorente yang bau handball, malah disahkan sang pengadil selesai mengeceknya melalui video lagi.

Baca Juga : Pemilu 2019, PAN Yakin Raih Banyak Kursi di DPR

Walau City cukuplah dirugikan VAR, Guardiola akui masih memberi dukungan pemakaian tehnologi itu. Dia memandang, ingin seberat apa pun ketetapan yang dibuat, dia menyebutkan VAR sangatlah menolong di sepakbola.

“Anda ketahui opini saya mengenai VAR, Anda ketahui, tidak ada yang beralih. Tentunya apa yang berlangsung ialah suatu yang berat,” tutur Guardiola.

“Wasit membuat kekeliruan yang manusiawi, seperti kebanyakan orang, tapi VAR berada di sini untuk membantunya. Mereka dapat membuat kekeliruan, bahkan juga dengan VAR. Wasit memerlukan waktu, lebih lama… beberapa menit atau menit untuk lihat video dari pemikiran berlainan.”

“Membuat kekeliruan dengan VAR, sesudah itu saya tidak sepakat, Anda mesti menyempatkan diri untuk bikin ketetapan yang pas. Saya memberi dukungan semenjak pertama-tama, hal itu akan membuat suatu jadi adil. Bila Raheem cetak gol serta mereka [Tottenham] tersisih sebab gol offside, ini yang berat serta saya tidak senang itu,” tuturnya.