Masa Tenang, Ratusan Alat Peraga Kampanye Dibersihkan di Bekasi

Masa Tenang, Ratusan Alat Peraga Kampanye Dibersihkan di Bekasi

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Masuk waktu tenang, Alat Peraga Kampanye (APK) di lokasi Bekasi mulai dibikin bersih petugas. Beberapa ribu petugas kombinasi lakukan pembersihan atau penurunan APK beberapa ukuran serentak di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi. Sampai sekarang, penurunan alat peraga kampanye itu masih tetap berjalan.

Petugas kombinasi itu terhimpun dari Unit Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Tubuh Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian serta Tentara Negara Indonesia (TNI). Bahkan juga, anggota Perlindungan Penduduk (Linmas) pun dilibatkan melepaskan semua APK berbentuk banner, ataupun baliho besar.

”Sekitar beberapa ribu personil diturunkan dengan pertolongan pihak kepolisian serta TNI maupu Linmas untuk bersihkan APK,” tutur Sekretaris Satpol PP Kota Bekasi, Lindon, Minggu (14/4/2019). Menurut dia, pihaknya menargerkan lokasi partner DKI Jakarta itu akan bebas dari alat peraga mulai Senin (15/4/2019).

Dalam proses penurunan APK di waktu tenang ini, katanya, petugas dibagi beberapa team di tingkat Kecamatan hingga proses penurunan APK dapat cepat usai. Hal tersebut dikerjakan, sebab jumlahnya APK yang menyebar di Kota Bekasi sampai beberapa ratus ribu. Karena itu, diperlukan pembagian team supaya semua alat peraga serentak di turunkan.

Baca Juga : Arturo Vidal: Barcelona Masih di Jalur Juara

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail mengharap APK ini sudah bersih pada Rabu 17 April 2019 akan datang. APK yang di turunkan atau dibikin bersih itu dari mulai Jalan Protokol, Jalan lingkungan, kantor partai atau pemenangan Calon legislatif. ”Semua mesti dibikin bersih, Terkecuali di ruangan private dalam kamar atau rumah,” tuturnya.

Ali pun ajak supaya penduduk ataupun beberapa partai peserta pemilu ikut menolong bersihkan APK itu. Sekarang ini, katanya, jumlahnya alat peraga yang dicopot atau turunkan pada saat tenang sampai beberapa ratus ribu. ”APK di Bekasi dapat sampai beberapa ratus ribu, angka ini 2x lipat banyaknya dibanding 2014 lantas,” tegasnya.

Ali menerangkan APK itu akan dibawa ke kantor Satpol PP ataupun kantor Bawaslu. APK akan disimpan terlebih dulu sebelum kelak dihilangkan selesai Pemilu akan datang. Karena itu, beberapa partai ataupun calon legislatif disuruh untuk turut bersihkan APK.”Sebelum hari pencoblosan, kita meminta parpol untuk menurunkanya,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Perindo Kota Bekasi, Muhammad Gunawan menjelaskan, semua kader serta anggotanya yang ada di 12 Kecamatan diperintah untuk selekasnya menurunkanya. Bahkan juga, banyak wilayah, APK Perindo telah di turunkan masuk waktu tenang.”Dibeberapa tempat APK Calon legislatif Perindo telah di turunkan,” tuturnya singkat.