Mudik 2019, Transaksi Tol di GT Cikarang Utama Pindah ke Cikampek Utama

Mudik 2019, Transaksi Tol di GT Cikarang Utama Pindah ke Cikampek Utama

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – PT Layanan Marga Cabang Jakarta-Cikampek mengatakan Gerbang Tol (GT) Cikarang Penting, Kabupaten Bekasi pada musim mudik Lebaran tahun ini tidak dioperasikan. Jadi alternatifnya semua transaksi dikerjakan GT Cikampek Penting serta GT Kalihurip Penting.

General Manajer PT Layanan Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy L Lukman menjelaskan, pembangunan GT Cikampek Penting di Km 70 daerah Cikampek, Kabupaten Karawang, direncanakan bisa bekerja sebelum musim mudik Lebaran 2019.”Gerbang Tol Cikarang Penting akan dibongkar serta jadi alternatifnya GT Cikampek Penting yang sedang dikebut pembangunanya,” kata Raddy pada wartawan Senin (13/5/2019)

Raddy menjelaskan, sekarang ini pembangunan GT Cikampek Penting tinggal step penyelesaian. Karenanya, mulai H-7 Lebaran direncanakan bisa dioperasikan serta GT Cikarang Penting tidak dipakai untuk transaksi. Karena, gerbang tol itu tidak baik sebab gardunya tereduksi banyaknya sekitar enam.

Dengan fakta itu, lanjut ia, perpindahan GT Cikarang Penting sebab GT itu dipandang tidak sangat mungkin untuk transaksi. Karena, rata-rata jalan raya kendaraan keluar-masuk sampai 70.000 dengan jumlahnya gardu optimal 20. Tetapi, di GT Cikampek Penting nanti tidaklah sampai separuh dengan rata-rata 25-26.000 tiap hari.

“GT Cikampek Penting diproyeksikan mempunyai gardu sampai 30 yakni, exit 15 serta entrance 15. Hingga saat gawat saat dikerjakan one way seperti musim mudik tahun kemarin, gardu tol dapat dioptimalkan sampai 28 unit,” katanya.

Baca Juga : Bernardo Silva, ‘Si Badut’ Calon Kapten Masa Depan City

Raddy memperjelas, perpindahan gardu tol itu automatis merubah transaksi di tiap gardu tol. Menurutnya, sampai kini transaksi dikerjakan diawalnya masuk gerbang tol. Tetapi ke depan transaksi pembayaran dikerjakan saat keluar tol.”Efek positifnya banyak, akan meningkatnya kemampuan GT dari mulai Cikarang Barat s/d Kali Hurip,” tegasnya.

Kasubbag Humas Layanan Marga Cabang Jakarta Cikampek, Hendra Damanik memberikan tambahan, proses pembangunan GT Cikampek Penting telah berjalan secara baik serta direncanakan bisa dioperasikan saat arus mudik berjalan.”Maksudnya adalah untuk tingkatkan kemampuan gerbang tol dan mengurai kepadatan yang berlangsung di Cikarang Penting,” katanya.

Nanti, katanya, titik transaksi yang sebelumnya di GT Cikarang Penting 1 dari KM 29 diarahkan semuanya. Ada pembelahan arus yaitu ke KM 70 GT Cikampek Penting untuk melayani jalan raya dari serta ke arah arah Jawa Tengah, dan KM 67 Tol Cipularang (GT Kalihurip Penting) untuk melayani jalan raya dari serta ke arah arah Bandung.

Karena itu, GT Cikampek Penting itu diinginkan dapat jadi jalan keluar untuk kepadatan jalan raya yang awalnya sering berlangsung di GT Cikarang Penting 1. Hendra yakin, saat arus mudik berjalan, service di GT Cikampek Penting telah bisa bekerja secara baik serta kemacetan dari Jakarta sampai Cikarang dapat terurai.