5 Bulan Ditutup Total, Akhirnya Jalan R3 Bogor Dibuka Selebar 2 Meter

5 Bulan Ditutup Total, Akhirnya Jalan R3 Bogor Dibuka Selebar 2 Meter

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Sesudah lebih dari lima bulan ditutup keseluruhan karena digugat pemilik tempat, jalan Ring Road Regional (R3) yang menyambungkan tiga kecamatan di Kota Bogor, persisnya di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur pada akhirnya dibuka. Meskipun begitu pembukaan jalan itu cuma selebar dua mtr. saja, walau sebenarnya jalan itu mempunyai lebar rata-rata 14 mtr..

Hingga, beberapa pemakai jalan baik kendaraan roda dua atau empat harus dengan berganti-gantian untuk melewati jalan itu. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menjelaskan, pembukaan jalan ini berdasar pada hasil komunikasi intens di antara Pemkot dengan pemilik tempat yang berjalan semenjak awal puasa kemarin.

“Jalan R3 bisa dilintasi dengan kendaraan, baik roda empat atau roda dua. Tetapi untuk kendaraan type truk belum bisa lewat sebab dalam soal ini pemilik tempat menyetujui jalan R3 dibuka selebar dua mtr. saja,” kata Dedie pada Selasa (11/6/2019).

Dedie menghargai niat baik dari pemilik tempat yang sudah memberi kebijakannya atas dibukanya jalan itu. Sekarang ini, warga dapat manfaatkan satu lajur arah selatan untuk dilintasi kendaraan.

Menurutnya, dibukanya akses Jalan R3 ini adalah dari hasil pertemuan di antara kedua pihak yang difasilitasi oleh Pengadilan Negeri Bogor pada 31 Mei kemarin. Sampai sekarang Pemkot Bogor terus melakukan beberapa proses sesuai ketetapan yang tertera dalam akta perdamaian (akta van dading) Nomer 64/2018.

Baca Juga : Alasan Liverpool Batal Rekrut Penyerang Werder Bremen

“Jadi keharusan Pemkot saat ini menyelesaikan serta ikuti semua ketetapan di akta perdamaian nomer 64 itu. Walau saat ini (proses administrasi di pengadilan) belum usai namun pemilik tempat dengan suka-rela sudah buka jalan itu. Karena itu kami pasti menghargai hal tersebut,” tuturnya.

Sudah diketahui, penyelesaian pembayaran sebidang tanah punya Siti Khadijah di Jalan R3 berbuntut pada penutupan jalan. Semenjak Desember 2018 lalu, Pemkot Bogor tutup akses jalan R3 berdasar pada keputusan pengadilan yang menyetujui tuntutan pemilik lajan.

Selain itu, Salim Abdullah alias Aab sebagai pakar waris pemilik tempat ikut menghargai langkah Pemkot yang diwakili Wakil Wali Kota, Dedie A. Rachim bersama dengan Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat untuk menyelesaikan perselisihan tempat kepunyaannya yang berlarut-larut semenjak 2014.

“Pada dasarnya ini, saya animo adanya komunikasi yang baik di antara faksi Pemkot dengan kami jadi pakar waris pemilik tempat. Mudah-mudahan secepat-cepatnya permasalahan hukum terlait tempat yang telah dibuat jalan ini dapat usai secepat-cepatnya hingga semua warga bisa rasakan faedahnya,” katanya.

Walau belum selesai seratus %, Pemkot mengharap dibukanya beberapa ruas jalan R3 arah selatan ini dapat digunakan oleh warga. Untuk sesaat ini, baru 1/4 ruas jalan R3 yang bisa dilewati oleh beberapa pengendara.