MK Lakukan Verifikasi Berlapis Alat Bukti Sengketa Pilpres

MK Lakukan Verifikasi Berlapis Alat Bukti Sengketa Pilpres

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Mahkamah Konstitusi (MK) akan lakukan verifikasi dengan berlapis semua alat bukti konflik hasil penentuan umum (PHPU) Pemilihan presiden 2019. Nanti semua alat bukti dari beberapa faksi yang masuk ke MK langsung diverifikasi berlapis.

“Jadi ada verifikasi berlapis dari bawah sampai selalu setelah itu hakim serta panitera membuat semasing (team verifikasi) ada koordinatornya,” papar Hakim MK I Dewa Gede Palguna di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, 13 Juni 2019 tempo hari.

I Gede Dewa Palguna menerangkan, tiap alat bukti yang masuk ke MK diverifikasi oleh unit pekerjaan (satgas) yang terdiri dari beberapa team.

Baca Juga : Terancam Penjara 5 Tahun, Polisi Dalami Motif PNS Pencuri Mobil Damkar

“Satgas mengecek serta memberikan laporan pada kami, jika faksi ini telah menyerahkan bukti demikian dan hakim turun mengonfirmasi itu. Nah kelak bagaimana hasil verifikasinya, dalam sidang kita berikan. Tidak bisa dikatakan saat ini,” tuturnya.

Palguna memperjelas alat bukti yang akan disahkan hakim MK dalam persidangan harusnya terverifikasi dulu. “(Alat bukti yang masuk) telah diverifikasi, terkecuali yang kelak diserahkan dalam persidangan . Karena itu itu penyebabnya jika Anda lihat, bukti baru yang diserahkan dalam persidangan tidak langsung bisa disahkan saat itu, sebab kami harus verifikasi dahulu,” tegas.

Diluar itu, lanjut Palguna, MK tidaklah terlalu susah dalam lakukan verifikasi alat bukti yang diberikan beberapa faksi. Karena, MK telah terlatih lakukan verifikasi pada alat bukti yang jumlahnya banyak sekali sama dengan pemilu-pemilu awalnya.

“Manajemen verifikasi alat bukti saat ini semakin maju serta cermat hingga tiap alat bukti didapati type, jumlahnya terhitung waktu penyerahannya ke MK,” katanya.