Terancam Penjara 5 Tahun, Polisi Dalami Motif PNS Pencuri Mobil Damkar

Terancam Penjara 5 Tahun, Polisi Dalami Motif PNS Pencuri Mobil Damkar

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Seseorang petugas damkar yang berstatus PNS, Januar Darman (36), ditangkap polisi sesudah bawa kabur mobil Damkar Pos Kebakaran Sunter punya Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran serta Penyelamatan Jakarta Utara, Kamis (13/6/2019). Sampai sekarang polisi masih menyelidik motif Januar mengambil mobil damkar itu.

Sebelum lakukan laganya, aktor didapati terlebih dulu menanti di Pos Damkar Sunter semenjak jam 04.00 WIB pagi barusan atau satu 1/2 jam sebelum bawa kabur mobil damkar dari pos itu. “Kita masih memahami motifnya. Berdasarkan penjelasan saksi yang berada di TKP, yang berkaitan telah dari pagi disana, jadi dari seputar kira-kira jam 4 pagi,” tutur Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Supriyanto.

Menurut Supriyanto, aktor adalah PNS aktif di Sudin Dinas Penanggulangan Kebakaran serta Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat. Dia sudah kerja sepanjang 11 tahun serta diletakkan jadi sopir mobil operasional pemadam kebakaran. Kapolsek belum tahu tentu apa tindakan nekat Januar sebab unsur ekonomi atau ke unsur lain. “Kebetulan sebab ia pelaku PNS dinas pemadam kebakaran, jadi ia sudah mengetahui tekniknya,” sebut Supriyanto.

Selain itu, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi, mengatakan, tindakan kejar-kejaran di antara petugas serta aktor sudah sempat berlangsung di lokasi Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara. Polisi sudah sempat minta aktor berhenti tetapi hal tersebut diacuhkannya. Pada akhirnya, polisi memalang mobil serta membuat kendaraan itu berhenti.

Baca Juga : Manchester United Siapkan Gaji Rp8 Miliar Per Pekan untuk Griezmann

“Usai laporan, kami pengaturan dengan Satlantas. Kebetulan gatur lalin lihat mobil damkar lewat di Gunung Sahari. Kami setelah itu memburu, aktor diamankan,” tutur Kapolres.

Dari info beberapa saksi, kata Kapolres, tindakan pencurian itu diawali saat dua petugas damkar Pos Danau Sunter bernama Sholahudin serta Cahyana tengah isi air ke tangki mobil. Kemudian kedua-duanya lalu memanaskan mobil ke arah kamar mandi dekat pos, sesaat Cahyana masuk ke pos.

Waktu diparkir, kunci mobil damkar dalam keadaan belum dicabut. Saat Cahyana keluar dari pos, disaksikan mobil damkar berpelat nomer B 9408 PHA itu tidak ada. “Ia semula fikir mobil itu dibawa keluar oleh petugas damkar dari pos tersebut. Sesudah diyakinkan jika itu tidak dari barisan mereka atau pegawai yang ada disana, setelah itu mereka melapor ke kepolisian,” pungkas Budhi.

Sekarang karena tindakannya, Januar dijaring masalah 362 KUHP mengenai Pencurian dengan intimidasi hukuman optimal 5 tahun penjara.