Pengadaan Rp147 M, Roy Suryo Sarankan Menteri Jokowi Pakai Mobil Rental

Pengadaan Rp147 M, Roy Suryo Sarankan Menteri Jokowi Pakai Mobil Rental

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun – Penyediaan mobil dinas menteri sejumlah Rp147 miliar disikapi negatif oleh Politisi Demokrat yang Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Roy Suryo. Ia memandang jika pengedaan mobil dinas baru buat menteri kabinet periode seterusnya itu tidak mempunyai urgensi serta ia merekomendasikan supaya semestinya menteri memakai mobil rental.

“Kalau menurut saya wawasan pembelian mobil menteri atau saya dengar telah lelang beberapa beberapa ratus milyar ini kurang pas, kurang pas mengapa? menteri itu jabatan publik yang tidak lama waktu jabatannya,” tutur Roy pada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Roy bercerita pengalaman ya pada saat duduk jadi Menteri Pemuda serta Olahraga (Menpora) di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu dianya memakai mobil sisa menteri awalnya serta ia merekomendasikan supaya menteri cukup memakai mobil rental saja.

“Bagi saya benar-benar tidak worth it untuk beli mobil baru, lebih baik ialah memakai layanan rental, rental atau pemerintah menyewa,” saran Roy.

Baca Juga : Todongkan Pistol Mainan, Dua Polisi Gadungan Babak Belur

Menurut Roy, menteri itu waktu jabatannya sering tidak penuh sepanjang lima tahun jadi setiap saat dapat ditukar. Ditambah lagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah orang yang diketahui efektif serta praktis yang dapat kapan saja ganti menteri yang kapasitasnya dipandang tidak cocok dengannya.

“Menteri yang substitusinya mungkin ia telah lihat ada mobil baru terus ia (bisa) mobil second (sisa menteri awalnya) kan ia tidak anu , istilahnya (tiap menteri) ingin hal sama, ini tidak baik. Makannya gunakan mobil rental,” terangnya.

Roy menerangkan, mobil rental itu lebih efektif sebab pemerintah tak perlu keluarkan budget untuk perawatan sebab perawatan mobil akan diatasi oleh si pemilik mobil yang menyewakan, penyewa juga dapat sesuaikan waktu pemakaian serta mobilnya dapat juga disuruh untuk diubah atau diperbarui.

“Jadi pendapat saya pada saat ditengah-tengah keadaan krisis ekonomi ini, lebib baik pakai mobil rental, rental itu tidak ada ongkos perawatan, tidak ada kelak dilelang untul di jual kembali, lebih efektif serta lebih mengirit ongkos,” tegas Roy.