PDAM Blora Setop Produksi Akibat Pencemaran, 12.000 Pelanggan Terdampak

PDAM Blora Setop Produksi Akibat Pencemaran, 12.000 Pelanggan Terdampak

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun– Perusahaan Wilayah Air Minum (PDAM) Blora, Jateng, hentikan produksi air minum dari air baku Bengawan Solo yang tercemar kronis. Sekitar 12 ribu konsumen setia terpengaruh langsung karena ketetapan itu.

“Kami telah mulai setop pendistribusian air semenjak hari Selasa. Karena, memang airnya keruh sebab terpengaruh pencemaran yang berlangsung di Bengawan Solo tempat sumber (air baku) kami. Ada 12 ribu konsumen setia yang terpengaruh,” jelas Direktur PDAM Blora, Yan Riya Pramono, Kamis (28/11/2019).

Bengawan Solo memanglah bukan hanya satu sumber air baku untuk produksi PDAM Blora, hingga saat dikerjakan pemberhentian produksi air baku dari Bengawa Solo, tidak semuanya terpengaruh.

Baca juga : Klopp Khawatir Betul dengan Cedera Fabinho

Keseluruhan jumlahnya konsumen setia PDAM Blora sampai seputar 19 ribu konsumen setia. Dari keseluruhan semuanya, ada 12 ribu konsumen setia terpengaruh langsung. Mereka menyebar di 5 kecamatan di Blora yaitu di Kecamatan Cepu, Sambong, Jiken, Jepon serta Kecamatan Blora kota.

Yan menyebutkan, air baku dari Bengawan Solo sebagai sumber pendistribusian air PDAM Blora daerah timur keadaannya cukup memprihatinkan. Air berwarna keruh serta cukup bau hingga dia cemas malah memunculkan efek negatif buat beberapa konsumen setia. Karena itu ia tidak dapat pastikan sampai kapan pemberhentian produksi dikerjakan.

“Kami belum mengetahui sampai kapan pendistribusian ini kami setop. Yang pasti sampai menanti keadaan air baku jadi kembali normal. Ini hari gagasannya kami dengan DLH kembali memeriksa di lapangan,” katanya.