Ketua KPU RI Yakin I Dewa Raka Sandi Tak Ulangi Salah Wahyu Setiawan

Ketua KPU RI Yakin I Dewa Raka Sandi Tak Ulangi Salah Wahyu Setiawan

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun– I Dewa Raka Sandi disebutkan bisa menjadi komisioner KPU untuk gantikan Wahyu Setiawan yang menjadi terduga masalah suap di KPK. Ketua KPU Arief Budiman percaya Dewa Raka tidak akan mengulang kekeliruan Wahyu.

“Ya percaya lah. Semoga ini tidak ada masalah seperti itu,” kata Arief pada wartawan selesai resmikan kantor baru KPU Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Palu, Jumat (7/2/2020).

Arief yakini warga tetap yakin pada KPU. Ia menjelaskan KPU masih kerja dengan maksimal pada saat KPK mengolah masalah Wahyu Setiawan.

“Karena itu saya perlihatkan pada rekan-rekan ya. Tidak ada kebijaksanaan KPU yang melanggar ketetapan perundang-undangan. Meskipun yang berkaitan lakukan hal seperti itu, tetapi sebenarnya kebijaksanaan kita tidak dipengaruhi oleh apa saja,” tutur ia.

Baca juga : Cek Lokasi MTQ, Plt Walkot Medan Jamin Warung Non-halal tak Mengganggu

Masalah pemilihan Dewa Raka jadi alternatif Wahyu, Arief menerangkan hal tersebut telah ditata dalam undang-undang. Bila ada kekosongan bangku di salah satunya komisioner maka diisi satu orang yang berada di rangking paling tinggi sesudahnya.

Arief menjelaskan pengukuhan Dewa Raka untuk isi urutan komisioner KPU tinggal menanti jadwal dari faksi Istana.

“Pokoknya kan telah di mengatur dalam undang-undang, jadi rangking selanjutnya itu yang akan gantikan, di nomor urut 8 yakni I Dewa Raka Sandi. Untuk pelantikannya berada di presiden kemungkinan faksi kepresidenan sesaat membuat persiapannya,” katanya.