Dukung BNPB Tangani COVID-19, DPR Akan Revisi UU Penanggulangan Bencana

Dukung BNPB Tangani COVID-19, DPR Akan Revisi UU Penanggulangan Bencana

Agen Domini Qiu Qiu, Agen Qiu Qiu Bandar Ceme, Capsa Susun– Indonesia masih mengatasi wabah virus corona (COVID-19) . Untuk memberi dukungan langkah pemerintah, DPR merencanakan membuat revisi ketentuan supaya Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) dapat kerja lebih bagus.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menerangkan, ada kekurangan di Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 mengenai Penanggulangan Musibah. Karenanya, kata Ace, Komisi VII DPR RI akan membuat revisi UU itu supaya gugus pekerjaan pemercepatan penanggulangan COVID-19 dapat kerja lebih efisien serta terkonsolidasi.

“Serta sekarang, Komisi VII DPR RI sudah jadikan UU itu untuk prolegnas (program legislasi nasional) untuk waktu sidang saat ini,” kata Ace, dalam pertemuan wartawan yang ditayangkan di situs YouTube BNPB, Rabu (25/3/2020) .

Ia memberikan tambahan, komisi VII DPR akan memberi suport penuh pada BNPB, baik dari bagian politik, budget, atau payung hukum. Ace menjelaskan, pandemi COVID-19 ini butuh diatasi lebih responsive.

Baca juga : Situasi Kian Mengkhawatirkan, Dokter di Australia Desak Pengadaan Alat Medis

“Kami menggerakkan pada kepala BNPB supaya lebih tingkatkan persiapan dalam menahan serta memberi respon pada penebaran COVID-19 ini, yang makin hari, seperti kita tahu, sangat mencemaskan kita,” katanya.

Kepala BNPB yang Ketua Gugus Pekerjaan Pemercepatan Perlakuan COVID-19 Doni Monardo mengharap supaya koreksi UU No 24 Tahun 2007 ini dapat selekasnya dilaksanakan. Ia juga menerangkan, suport yang diberi Komisi VIII DPR RI benar-benar diperlukan BNPB supaya semua masalah dapat ditemui secara baik.

“Hingga dengan Komisi (DPR) VIII ini, kami mengharap jika segalanya yang terkait dengan masalah yang ditemui, khususnya dalam susunan organisasi BNPB, ini dapat selekasnya terselesaikan,” tutur Doni.